group

Be Safe! Beginilah Nasib Jembatan Francis Scott Key Usai Ditarak Kapal

(Sumber: Google image, 2024)

  Kejadian tragis tengah dirasakan masyarakat Baltimore, sebuah kota terbesar di negara bagian Maryland, Amerika Serikat. Tepatnya pada Selasa dini hari, 26 Maret 2024 sebuah kapal kargo menabrak jembatan Francis Scott yang membentang sepanjang 3 km melintasi perairan Sungai Patapsco dan perairan Teluk Chesapeake di Kota Baltimore. Jembatan Franciss Scott yang dibuka pada tahun 1977 ini mulanya dibangun untuk mengurangi kemacetan yang di Baltimore, namun kejadian dini hari waktu setempat telah menimbulkan kekacauan lalu lintas di area tersebut.

  Banyak sumber valid yang menginformasikan bahwa penyebab Jembatan Franciss Scott teresebut runtuh akibat ditabrak oleh kapal kontainer milik Singapura. Kapal setinggi 948 kaki tersebut  meninggalkan pelabuhan untuk melakukan perjalanan ke Kolombo, Sri Lanka. Diketahui dalam pelayaran rutinnya kapal milik bendera Singapura yang  terdiri sebanyak 22 awak kapal termasuk 2 nahkoda diketahui memang biasa melalui jalur Sungai Patapsco yang merupakan jalur perairan utama di kota Baltimore.Namun ketika kapal hendak melintasi bagian bawah jembatan, hal diluar prediksipun terjadi, kapal besar tersebut tiba-tiba kehilangan kendali dan menabrak bagian penyangga jembatan. Akibat dari kecelakaan itupun akhirnya tidak bisa dihindari, dikulik dari berita yang beredar bahwa bagian struktural utama jembatan runtuh dan jatuh ke dalam sungai.

      Menurut laporan dari saksi mata yang berada di sekitar lokasi kejadian, tabrakan yang disebabkan oleh kapal kargo tersebut sempat terdengar seperti ledakan besar yang diikuti oleh suara gemuruh yang mengerikan. Beberapa detik kemudian, sebagian besar bagian jembatan mulai runtuh ke dalam sungai dengan cepat. Dikethui bahwa truk-truk,mobil dan kendaraan lain yang sedang melintas di atas jembatan menjadi terperangkap di reruntuhan dan menyebabkan beberapa korban luka dan diduga 6 (enam) orang meninggal dunia. Otoritas pemerintah setempat segera merespons kejadian tersebut dengan mengirim tim penyelamat ke lokasi dan menutup akses ke jembatan yang rusak. Operasi pencarian dan penyelamatan dilakukan dengan cepat untuk mencari korban yang masih terjebak di bawah reruntuhan jembatan.

    Terkait dengan kejadian runtuhnya Jembatan Fraciss Scott tersebut muncul beberapa issue penyebab yang mengakibatkan peristiwa nahas ini:

  1. Kesalahan Manusia:

   Dugaan utama penyebab terjadinya fatality kecelakaan ini adalah disebabkan oleh kesalahan manusia, baik di pihak kapal kargo dan petugas pengawas navigasi di darat. Kemungkinan hal ini terjadi karena kesalahan dalam perhitungan arus sungai serta komunikasi yang buruk antara petugas kapal dan otoritas pelabuhan.

  1. Kondisi Cuaca Buruk:

   Beberapa sumber juga menyoroti penyebab lain terjadinya fatality kecelakaan ini yang mungkin diakibatkan oleh kondisi cuaca buruk, seperti angin kencang atau arus sungai yang kuat, sehingga awak kapal tidak dapat mengendalikan navigasi arah pelayarannya. Namun, tentu saja hal ini masih dalam tahap dugaan dan perlu penyelidikan  serta kajian lebih lanjut.

  1. Masalah Teknis pada Kapal:

   Beberapa spekulasi juga muncul bahwa terdapat masalah teknis pada kapal kargo itu sendiri sehingga dapat meruntuhkan jembatan yang telah beroperasi selama 47 tahun di Kota Baltimore. Dari informasi yang berhasil didapatkan bahwa kapal ini telah disewa oleh perusahaan pelayaran Maersk dengan operator bernama Synergy Marine Group terdapat 4.679 kontainer di dalamnya dan kira-kira setengah dari kapasitasnya yang mencapai 10.000. Praduga masalah teknis yang ada di kapal tersebut adalah terjadinya kerusakan mesin atau kegagalan sistem navigasi.

(Sumber: Google image, 2024)

     Insiden tidak terduga yang terjadi di Jembatan yang dapat menampung 31.000 mobil per hari atau 11,3 juta kendaraan per tahun ini telah menimbulkan berbagai dampak yang merugikan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Beberapa dampak tersebut antara lain:

  1. Korban Jiwa dan Cedera:

   Kecelakaan ini setidaknya menyebabkan 20 korban yang diduga tenggelam dan beberapa kendaraan tercebur ke dalam sungai. Para korban dan keluarga mereka menghadapi penderitaan yang mendalam akibat kehilangan orang yang mereka cintai atau harus berurusan dengan cedera fisik dan trauma psikologis.

  1. Gangguan Lalu Lintas

Ambruknya Jembatan Francis Scott tersebut telah mengganggu lalu lintas di wilayah tersebut secara signifikan. Rute transportasi utama akhirnya terputus, menyebabkan kemacetan lalu lintas yang parah dan mengganggu kegiatan bisnis serta aktivitas sehari-hari penduduk setempat.

  1. Kerusakan Lingkungan

   Reruntuhan Jembatan Francis Scott yang merupakan salah satu jalur jembatan  utama di Amerika Serikat ini berpotensi menghasilkan pencemaran dari bahan bakar kapal kargo telah menimbulkan kerusakan lingkungan di sekitar Sungai Patapsco. Maka diperlukan upaya pemulihan dan pembersihan lingkungan walaupun nantinya akan memakan waktu dan sumber daya yang signifikan. 

  1. Kerugian Ekonomi

Kecelakaan ini juga berdampak pada sektor ekonomi lokal dan nasional. Bisnis-bisnis yang terkait dengan aktivitas pelabuhan dan transportasi mengalami kerugian akibat terganggunya operasional normal mereka. Selain itu, biaya pemulihan dan perbaikan infrastruktur juga akan memberikan tekanan tambahan pada anggaran pemerintah dalam merekontruksi jembatan ini.

Selain dampak fisik dan ekonomi, kejadian ini juga telah menimbulkan kekhawatiran keamanan bagi penduduk setempat. Otoritas pemerintah setempat sedang bekerja keras untuk mengevaluasi kerusakan, merencanakan pemulihan, dan menerapkan langkah-langkah keamanan yang diperlukan untuk menghindari kejadian serupa di masa depan.Insiden tragis ini menyoroti  bahwa pentingnya melakukan  pemeliharaan infrastruktur yang tepat dan kepatuhan terhadap protokol keselamatan pada navigasi di jalur perairan. Sementara itu, masyarakat setempat dan otoritas pemerintah di Kota Baltimore harus  terus bekerja sama untuk mengatasi dampak dan memulihkan kondisi pasca-kecelakaan.

 Aspek Safety atau keselamatan menjadi sorotan akibat terjadinya kecelakaan tragis ini.  Keselamatan merupakan aspek yang sangat penting dalam pembangunan dan perawatan jembatan.  Dari informasi yang berhasil dihimpun, meningkatnya kompleksitas struktur jembatan d Francis Scott dan volume lalu lintas yang melintasinya, perlunya memperhatikan aspek keselamatan. Adapun hal yang dapat dieksplorasi dan dipertimbangkan dalam pembangunan dan perawatan jembatan adalah:

  1. Desain yang Berfokus pada Keselamatan

Desain jembatan yang mempertimbangkan aspek keselamatan merupakan langkah awal yang krusial. Hal ini termasuk memperhitungkan faktor-faktor seperti beban lalu lintas yang diperkirakan, kondisi cuaca, kekuatan material, dan perencanaan evakuasi darurat. Sejumlah penelitian telah menyoroti pentingnya desain yang memperhitungkan aspek keselamatan ini. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yu et al. (2018), aspek keselamatan harus diintegrasikan dalam tahap awal desain jembatan. Mereka menekankan pentingnya menggunakan teknologi canggih seperti pemodelan 3D dan simulasi untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan merancang solusi yang sesuai.

 

  1. Penggunaan Bahan dan Teknologi Inovatif

Penggunaan bahan konstruksi yang tahan terhadap korosi, gempa bumi, dan beban dinamis lainnya adalah kunci untuk memastikan keselamatan jembatan dalam jangka panjang. Penerapan teknologi inovatif seperti sensor pintar untuk memonitor kondisi struktur jembatan secara real-time juga merupakan langkah proaktif dalam memastikan keselamatan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh De Domenico et al. (2022), penggunaan beton serat-optik (OFRC) telah terbukti efektif dalam meningkatkan ketahanan terhadap keausan dan retakan, sehingga meningkatkan keselamatan jembatan.

  1. Protokol Perawatan dan Inspeksi Rutin

Perawatan dan inspeksi rutin adalah bagian integral dari menjaga keselamatan jembatan. Protokol perawatan yang baik harus mencakup pemeriksaan visual berkala, pengujian struktur dengan teknologi non-destructive, dan perbaikan yang tepat waktu terhadap kerusakan yang terdeteksi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Frangopol et al. (2013), pendekatan manajemen risiko yang terintegrasi dapat membantu dalam mengidentifikasi prioritas perawatan jembatan berdasarkan tingkat kerusakan yang diantisipasi dan konsekuensi potensialnya terhadap keselamatan pengguna jalan.

  1. Pelatihan dan Kesadaran Keselamatan

Para pekerja yang terlibat dalam pembangunan dan perawatan jembatan harus dilengkapi dengan pelatihan yang memadai tentang prosedur keselamatan dan penggunaan peralatan pelindung. Selain itu, meningkatkan kesadaran keselamatan di antara pengguna jalan juga penting untuk mencegah kecelakaan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Huang et al. (2016), program pelatihan yang terarah dan berkelanjutan dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan kerja di lokasi konstruksi jembatan. Mereka menyarankan penerapan program pelatihan yang fokus pada kesadaran keselamatan, teknik kerja yang aman, dan tanggung jawab individu terhadap keselamatan.

Kecelakaan jembatan yang disebabkan oleh tabrakan kapal kargo di Baltimore telah mengejutkan masyarakat dan menimbulkan pertanyaan tentang keamanan infrastruktur transportasi di Amerika Serikat. Saat ini penyelidikan masih terus dilakukan untuk menentukan penyebab pasti dan respons yang tepat dari pihak berwenang, penting bagi semua pihak untuk belajar dari insiden ini dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah terulangnya tragedi serupa di masa depan. Semoga korban dapat segera mendapatkan keadilan dan pemulihan, sementara itu upaya pemulihan dan perbaikan infrastruktur dapat dilakukan dengan cepat dan efisien untuk memulihkan normalitas di wilayah tersebut.

 

  1. Kerugian Ekonomi

Kecelakaan ini juga berdampak pada sektor ekonomi lokal dan nasional. Bisnis-bisnis yang terkait dengan aktivitas pelabuhan dan transportasi mengalami kerugian akibat terganggunya operasional normal mereka. Selain itu, biaya pemulihan dan perbaikan infrastruktur juga akan memberikan tekanan tambahan pada anggaran pemerintah dalam merekontruksi jembatan ini.

Selain dampak fisik dan ekonomi, kejadian ini juga telah menimbulkan kekhawatiran keamanan bagi penduduk setempat. Otoritas pemerintah setempat sedang bekerja keras untuk mengevaluasi kerusakan, merencanakan pemulihan, dan menerapkan langkah-langkah keamanan yang diperlukan untuk menghindari kejadian serupa di masa depan.Insiden tragis ini menyoroti  bahwa pentingnya melakukan  pemeliharaan infrastruktur yang tepat dan kepatuhan terhadap protokol keselamatan pada navigasi di jalur perairan. Sementara itu, masyarakat setempat dan otoritas pemerintah di Kota Baltimore harus  terus bekerja sama untuk mengatasi dampak dan memulihkan kondisi pasca-kecelakaan.

Aspek Safety atau keselamatan menjadi sorotan akibat terjadinya kecelakaan tragis ini.  Keselamatan merupakan aspek yang sangat penting dalam pembangunan dan perawatan jembatan.  Dari informasi yang berhasil dihimpun, meningkatnya kompleksitas struktur jembatan d Francis Scott dan volume lalu lintas yang melintasinya, perlunya memperhatikan aspek keselamatan. Adapun hal yang dapat dieksplorasi dan dipertimbangkan dalam pembangunan dan perawatan jembatan adalah:

  1. Desain yang Berfokus pada Keselamatan

Desain jembatan yang mempertimbangkan aspek keselamatan merupakan langkah awal yang krusial. Hal ini termasuk memperhitungkan faktor-faktor seperti beban lalu lintas yang diperkirakan, kondisi cuaca, kekuatan material, dan perencanaan evakuasi darurat. Sejumlah penelitian telah menyoroti pentingnya desain yang memperhitungkan aspek keselamatan ini. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yu et al. (2018), aspek keselamatan harus diintegrasikan dalam tahap awal desain jembatan. Mereka menekankan pentingnya menggunakan teknologi canggih seperti pemodelan 3D dan simulasi untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan merancang solusi yang sesuai.

  1. Penggunaan Bahan dan Teknologi Inovatif

Penggunaan bahan konstruksi yang tahan terhadap korosi, gempa bumi, dan beban dinamis lainnya adalah kunci untuk memastikan keselamatan jembatan dalam jangka panjang. Penerapan teknologi inovatif seperti sensor pintar untuk memonitor kondisi struktur jembatan secara real-time juga merupakan langkah proaktif dalam memastikan keselamatan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh De Domenico et al. (2022), penggunaan beton serat-optik (OFRC) telah terbukti efektif dalam meningkatkan ketahanan terhadap keausan dan retakan, sehingga meningkatkan keselamatan jembatan.

  1. Protokol Perawatan dan Inspeksi Rutin

Perawatan dan inspeksi rutin adalah bagian integral dari menjaga keselamatan jembatan. Protokol perawatan yang baik harus mencakup pemeriksaan visual berkala, pengujian struktur dengan teknologi non-destructive, dan perbaikan yang tepat waktu terhadap kerusakan yang terdeteksi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Frangopol et al. (2013), pendekatan manajemen risiko yang terintegrasi dapat membantu dalam mengidentifikasi prioritas perawatan jembatan berdasarkan tingkat kerusakan yang diantisipasi dan konsekuensi potensialnya terhadap keselamatan pengguna jalan.

  1. Pelatihan dan Kesadaran Keselamatan

Para pekerja yang terlibat dalam pembangunan dan perawatan jembatan harus dilengkapi dengan pelatihan yang memadai tentang prosedur keselamatan dan penggunaan peralatan pelindung. Selain itu, meningkatkan kesadaran keselamatan di antara pengguna jalan juga penting untuk mencegah kecelakaan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Huang et al. (2016), program pelatihan yang terarah dan berkelanjutan dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan kerja di lokasi konstruksi jembatan. Mereka menyarankan penerapan program pelatihan yang fokus pada kesadaran keselamatan, teknik kerja yang aman, dan tanggung jawab individu terhadap keselamatan.

Kecelakaan jembatan yang disebabkan oleh tabrakan kapal kargo di Baltimore telah mengejutkan masyarakat dan menimbulkan pertanyaan tentang keamanan infrastruktur transportasi di Amerika Serikat. Saat ini penyelidikan masih terus dilakukan untuk menentukan penyebab pasti dan respons yang tepat dari pihak berwenang, penting bagi semua pihak untuk belajar dari insiden ini dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah terulangnya tragedi serupa di masa depan. Semoga korban dapat segera mendapatkan keadilan dan pemulihan, sementara itu upaya pemulihan dan perbaikan infrastruktur dapat dilakukan dengan cepat dan efisien untuk memulihkan normalitas di wilayah tersebut.

          Referensi:

  • De Domenico, D., Messina, D., & Recupero, A. (2022, May). Quality control and safety assessment of prestressed concrete bridge decks through combined field tests and numerical simulation. In Structures (Vol. 39, pp. 1135-1157). Elsevier.
  • Frangopol, D. M., Dong, Y., & Saydam, D. (2013). Timevariant sustainability assessment of seismically vulnerable bridges subjected to multiple hazards. Earthquake Engineering & Structural Dynamics, 42(10), 1451-1467.
  • Huang, B., Jia, X., Chen, S., & Shi, D. (2016). Comparative investigation into field performance of steel bridge deck asphalt overlay systems. KSCE Journal of Civil Engineering, 20, 2755-2764.
  • Yu, J., Lu, C., Chen, Y., & Leung, C. K. (2018). Experimental determination of crack-bridging constitutive relations of hybrid-fiber Strain-Hardening Cementitious Composites using digital image processing. Construction and Building Materials, 173, 359-367.
  • https://dunia.tempo.co/amp/1849796/jembatan-baltimore-as-ambruk-setelah-ditabrak-kapal-kargo-7-orang-dalam-pencarian
  • https://www.cnnindonesia.com/internasional/20240326144424-134-1079175/jembatan-baltimore-as-sepanjang-3-km-runtuh-usai-ditabrak-kapal-kargo
  • https://www.kompas.com/tren/read/2024/03/26/181500265/jembatan-baltimore-runtuh-usai-ditabrak-kapal-kargo-20-korban-diduga
  • https://www.cnbcindonesia.com/news/20240327052920-4-525736/kronologi-update-kapal-raksasa-tabrak-runtuhkan-jembatan-baltimore

Mitra Hijau Indonesia – Konsultan Lingkungan Hidup Surabaya

vector

PT MITRA HIJAU INDONESIA

CONNECT

adminmhi@gmail.com
+62​81359795565
szutestmarkalar lekesiz 26
szutestbrands darkbg iso14001
szutestbrands darkbg iso9001

© all rights reserved – simetrie

EnglishIndonesian
Kirim Pesan
Kirim pesan pada kami
Terima Kasih telah menghubungi kami.